MENU BLOG BU EKA

Senin, 03 Januari 2011

SOAL-SOAL PROGRAM LINIER

Program Linier
01. UN-SMK-PERT-05-17
Daerah yang diarsir pada gambar di bawah adalah
daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan ...
0,10)
(0,3)
(–2,0) (6,0)
A. x + 2y ≥ 6 ; 5x + 3y ≤ 30 ; –3x + 2y ≤ 6
B. x + 2y ≥ 6 ; 5x + 3y ≤ 30 ; 3x + 2y > 6
C. x + 2y ≥ 6 ; 5x + 3y ≤ 30 ; 3x – 2y ≥ 6
D. x + 2y ≥ 6 ; 3x + 5y ≤ 30 ; 3x – 2y ≥ 6
E. x + 2y ≥ 6 ; 3x + 5y ≤ 30 ; 3x – 2y ≤ 6
02. EBTANAS-SMK-TEK-01-20
Daerah yang diarsir pada gambar di bawah adalah
himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan ...
(0,6)
(10,0)
(2,0)
(0,-4)
A. 5x + 3y ≤ 30 ; x – 2y ≥ 4 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
B. 5x + 3y ≤ 30 ; x – 2y ≤ 4 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
C. 3x + 5y ≤ 30 ; 2x – y ≥ 4 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
D. 3x + 5y ≤ 30 ; 2x – y ≤ 4 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
E. 3x + 5y ≥ 30 ; 2x – y ≤ 4 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
03. UN-SMK-TEK-05-17
Daerah yang diarsir merupakan himpinan penyelesaian
dari sistem pertidaksamaan linier ...
(0,6)
0,4)
(4,0) (6,0)
A. x + 2y ≤ 8 ; 3x + 2y ≤ 12 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
B. x + 2y ≥ 8 ; 3x + 2y ≥ 12 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
C. x – 2y ≥ 8 ; 3x – 2y ≤ 12 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
D. x + 2y ≤ 8 ; 3x – 2y ≥ 12 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
E. x + 2y ≤ 8 ; 3x + 2y ≥ 12 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
04. UN-SMK-BIS-05-07
Daerah yang diarsir pada
gambar di samping adalah
himpunan penyelesaian
dari sistem pertidaksamaan

A. 2x + 3y ≤ 12 ; –3x + 2y ≥ –6 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
B. 2x + 3y ≤ 12 ; –3x + 2y ≥ –6 ; x ≥ 0 ; y ≥
C. 2x + 3y ≥ 12 ; –3x + 2y ≥ –6 ; x ≥ 0 ; y ≥
D. 2x + 3y ≥ 12 ; 3x – 2y ≥ 6 ; x ≥ 0 ; y ≥
E. –2x + 3y ≤ 12 ; 3x + 2y ≥ –6 ; x ≥ 0 ; y ≥
05. UN-TEK-06-08
Perhatikan gambar berikut ini!
Sistem pertidaksamaan, memenuhi daerah himpunan
penyelesaian yang diarsir pada gambar di atas adalah ...
A. x ≥ 0, y ≥ 0, 1 ≤ x ≤ 3, 4x + 5y < 20
B. x ≥ 0, y ≥ 0, 1 ≤ x ≤ 3, 4x + 5y < 20
C. x ≥ 0, y ≥:0, 1 ≥ x ≥ 3, 4x + 5y ≤ 20
D. x ≥ 0, y ≥ 0, 1 ≥ x ≥ 3, 4x + 5y ≥ 20
E. x ≥ 0, y ≥ 0, 1 ≤ x ≤ 3, 4x + 5y ≤ 20
06. UN-SMK-TEK-04-22
Nilai minimum fungsi obyektif Z = 3x + 4y yang
memenuhi sistem pertidaksamaan :
2x + 3y ≥ 12
5x + 2y ≥ 19
x ≥ 0 , y ≥ 0
adalah ...
A. 38
B. 32
C. 18
D. 17
E. 15
07. UN-SMK-BIS-04-11
Daerah yang diarsir pada
gambar di samping merupakan
daerah penyelesaian
sistem pertidaksamaan linier.
Nilai maksimum fungsi
obyektif f(x,y) = 5x + 2y
adalah …
A. 9
B. 29
C. 31
D. 32
E. 33
9
08. UN-SMK-TEK-07-21
Perhatikan gambar!
y
8
5
0 8 10 x
Nilai maksimum f (x, y) = 3x + 4y pada daerah yang
diarsir adalah ...
A. 20
B. 24
C. 26
D. 30
E. 32
09. EBTANAS-SMK-TEK-01-21
Daerah yang di arsir pada gambar di bawah adalah
hinpunan penyelesaian suatu sistem pertidaksamaan.
Nilai maksimum untuk 5x + 4y dari daerah
penyelesaian tersebut adalah ...
y
(0,6)
(0,4)
x
0 (4,0) (8,0)
A. 40
B. 28
C. 24
D. 20
E. 16
10. UN-BIS-SEK–07–13
Perhatikan grafik berikut!
Daerah penyelesaian
yang memenuhi sistem
pertidaksamaan
⎪ ⎪

⎪ ⎪




+ ≤
+ ≤
0
2
3 2 12
5
y
x
x y
x y
adalah daerah …
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
11. UN-SMK-TEK-04-23
Daerah yang merupakan himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan:
2y – x ≤ 2 4
5x + 3y ≤ 19
x ≥ 0 I
y ≥ 0 II
pada gambar di IV
samping adalah ... 1
A. I V III
B. II –2 3
C. III
D. IV
E. V
12. UN-SMK-PERT-04-23
Perhatikan gambar !
Daerah penyelesaian dari 4 I
sistem pertidaksamaan III
x + y ≥ 4 2 II
2x – y ≤ 3 IV
x – 2y + 4 ≥ 0 V
adalah ... –4 1,5 4
A. I
B. II
C. III
D. IV –3
E. V
13. UN-SMK-BIS-06-09
Perhatikan gambar berikut ini.
9 Daerah yang diarsir pada
gambar di samping menyatakan
daerah penyelesaian
(2,3) suatu sistem pertidaksamaan.
Nilai minimum dari x + y
(4,1) pada daerah penyelesaian
0 7 tersebut adalah ...
A. 9
B. 7
C. 5
D. 3
E. 1
14. UN-SMK-PERT-03-14
Daerah yang diarsir adalah daerah himpunan penyelesaian
permasalahan program linier. Nilai maksimum
dari fungsi tujuan z = 2x + 5y adalah ...
E(2,5)
A. 6 Y
B. 7
C. 10
D. 15 A(0,2)
E. 29
B(1,1) D(5,1)
C(3,0) X
10
15. UN-SMK-TEK-03-14
Daerah yang diarsir adalah daerah himpunan penyelesaian
permasalahan program linier. Nilai maksimum
dari fungsi tujuan z = 2x + 5y adalah ...
E(2,5)
A. 6 Y
B. 7
C. 10
D. 15 A(0,2)
E. 29
B(1,1) D(5,1)
C(3,0) X
16. UN-SMK-TEK-07-07
Dealer kendaraan menyediakan dua jenis kendaraan
motor X dan motor Y. Tempat yang tersedia hanya
memuat tidak lebih dari 25 kendaraan. Harga sebuah
motor X Rp 14.000.000,00 dan motor Y Rp
12.000.000,00, sedangkan dealer mempunyai modal
tidak lebih dari Rp 332.000.000,00. Jika banyak motor
X adalah x buah dan motor Y adalah y buah, model
matematika yang sesuai dengan permasalahan diatas
adalah ...
A. x + y ≤ 25, 7x + 6y ≥ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
B. x + y ≤ 25, 6x + 7y ≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
C. x + y ≥ 25, 7x + 6y ≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
D. x + y ≤ 25, 7x + 6y ≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
E. x + y ≥ 25, 6x + 5y ≥ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
17. UN-BIS-SEK–07–12
Untuk membuat roti jenis A diperlukan 400 gram
tepung dan 50 gram mentega. Untuk membuat roti
jenis B diperlukan 200 gram tepung dan 100 gram
mentega. Roti akan dibuat sebanyak-banyaknya dengan
persediaan tepung 9 kg dan mentega 2,4 kg dengan
bahan-bahan lain dianggap cukup. Jika x menyatakan
banyak roti jenis A dan y menyatakan banyak roti jenis
B yang akan dibuat, maka model matematika yang
memenuhi pernyataan tersebut adalah ...
A. 2x – y ≤ 45, x + 2y ≥ 48, x ≥ 0, y ≥ 0
B. 2x + y ≤ 45, x + 2y ≤ 48, x ≥ 0, y ≥ 0
C. 2x + y ≥ 45, x + 2y ≥ 48, x ≥ 0, y ≥ 0
D. 2x + y ≤ 45, x – 2y ≤ 48, x ≥ 0, y ≥ 0
E. 2x + y ≤ 45, x + 2y ≤ 48, x ≤ 0, y ≤ 0
18. EBTANAS-SMK-TEK-01-19
Suatu pesawat udara mempunyai tempat duduk tidak
lebih dari 38 penumpang. Setiap penumpang kelas
utama boleh membawa bagasi 60 kg sedang
penumpang kelas ekonomi 20 kg. Pesawat itu hanya
dapat membawa bagasi 1.440 kg. Bila x dan y berturutturut
menyatakan banyak penumpang kelas utama dan
ekonomi, banyak model matemayika dari persoalan di
atas adalah ...
A. x + y ≤ 48 ; 3x + y ≥ 72 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
B. x + y ≤ 48 ; x + 3y ≤ 72 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
C. x + y ≤ 48 ; 3x + y ≤ 72 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
D. x + y ≥ 48 ; x + 3y ≥ 72 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0
E. x + y ≥ 48 ; x + 3y ≥ 72 ; x ≤ 0 ; y ≤ 0
19. UN-SMK-TEK-04-34
Seorang pengusaha mebel akan memproduksi meja dan
kursi yang menggunakan bahan dari papan-papan kayu
dengan ukuran tertentu. Satu meja memerlukan bahan
10 potong dan satu kursi memerlukan 5 potong papan.
Papan yang tersedia ada 500 potong. Biaya pembuatan
1 meja Rp. 100.000,00 dan biaya pembuatan satu kursi
40.000,00. Anggaran yang tersedia Rp. 1.000.000,00.
Model matematika dari persoalan tersebut adalah …
A. x + 2y ≤ 100 ; 5x + 2y ≤ 50 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
B. x + 2y ≤ 100 ; 2x + 5y ≤ 50 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
C. 2x + y ≤ 100 ; 2x + 5y ≤ 50 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
D. 2x + y ≤ 100 ; 5x + 2y ≤ 50 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
E. 2x + y ≥ 100 ; 5x + 2y ≥ 50 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
20. UN-SMK-BIS-03-10
Harga per bungkus lilin A Rp. 2.000,00 dan lilin B Rp.
1.000,00. Jika pedagang hanya mempunyai modal Rp.
800.000,00 dan kiosnya hanya mampu menampung
500 bungkus lilin, maka model matematika dari
permasalahan di atas adalah …
A. x + y ≥ 500 ; 2x + y ≥ 800 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
B. x + y ≤ 500 ; 2x + y ≤ 800 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
C. x + y ≤ 500 ; 2x + y ≤ 800 ; x ≤ 0 , y ≤ 0
D. x + y ≥ 500 ; 2x + y ≥ 800 ; x ≤ 0 , y ≤ 0
E. x + y ≥ 500 ; 2x + y ≥ 800 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
21. UN-SMK-PERT-03-33
Suatu pabrik roti memproduksi 120 kaleng roti setiap
hari. Roti yang diproduksi terdiri atas dua jenis. Roti I
diproduksi tidak kurang dari 30 kaleng dan roti II 50
kaleng. Jika roti I dibuat X kaleng dan roti II dibuat Y
kaleng, maka X dan Y harus memenuhi syarat-syarat ...
A. x ≥ 30 , y ≥ 50 , x + y ≤ 120
B. x ≤ 30 , y ≥ 50 , x + y ≤ 120
C. x ≤ 30 , y ≤ 50 , x + y ≤ 120
D. x ≤ 30 , y ≤ 50 , x + y ≥ 120
E. x ≥ 30 , y ≥ 50 , x + y ≥ 120
22. UN-SMK-PERT-04-39
Suatu tempat parkir luasnya 200 m2. Untuk memarkir
sebuah mobil rata-rata diperlukan tempat seluas 10 m2
dan bus 20 m2. Tempat parkir itu tidak dapat
menampung lebih dari 12 mobil dan bus. Jika di tempat
parkir itu akan diparkir x mobil dan y bus, maka x dan
y harus memenuhi ...
A. x + y ≤ 12 ; x + 2y ≤ 20 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
B. x + y ≤ 12 ; 2x + y ≤ 20 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
C. x + 2y ≤ 12 ; x + y ≤ 20 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
D. x + y ≥ 12 ; x + 2y ≤ 20 ; x ≥ 0 , y ≥ 0
E. x + y ≥ 12 ; x + 2y ≥ 20 ; x ≥ 0 , y ≥ 0

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar